Rainbow Arch Over Clouds

DINI FEBRIANI

Just Blogger Templates

Senin, 17 Oktober 2011

bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap dunia pemasaran indonesia

Nama; adhitiya dwi putra
kelas:3ea14
NPM:16209000
Konsumen di indonesia sebagian memiliki pemikiran jangka pendek dimana mereka lebih mementingkan hak / hasrat ingin memiliki sekarang juga dibanding dengan memikirkan kebutuhan dimasa mendatang.  karakter pertama dari sebagian persen masyarakat di indonesia. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan ulang bila menawarkan produk dengan harga yang mahal ,Akan lebih mudah sukses bila suatu produk menawarkan benefit yang cepat dirasakan, walau hanya berunsur emosional kepada konsumen Indonesia.

 sifat kedua adalah konsumen di Indonesia cenderung tidak memiliki rencana. Tidak mengherankan, tingkat pembelian secara impulse buying di Indonesia relatif lebih tinggi dibandingkan dengan konsumen di Amerika Serikat. Salah satu implikasi strategi yang tepat untuk konsumen seperti ini adalah dengan menawarkan layanan yang fleksibel.

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.
Konsumen dapat merupakan seorang individu ataupun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user.
Dalam upaya untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu, yaitu pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.

0 komentar: